Tutorial ini hanya merupakan petunjuk saja dan pada dasarnya agar mengenal struktur dari tema, tapi juga sekaligus praktek. Saya tidak menjelaskan secara detil tapi jika kamu memiliki basic html dan pemrograman php mungkin akan mengerti fungsi dan bagian kodenya. Sebenarnya tidak jauh berbeda dengan template blogger, tapi di wordpress kita bisa memodifikasi elemen fungsinya. Jika kamu bingung saya sarankan untuk melihat referensinya di Dokumentasi Wordpress atau sumber lain dari pencarian.

Pada tutorial ini kita membuat template yang dapat langsung digunakan di blog wordpress. Template tersebut berbasis template bawaan dari theme default wordpress yang terakhir pada tahun ini yaitu Twenty Fifteen. Nama template yang akan kita buat adalah Basic Theme dan ini dia hasil akhir yang akan didapat pada tutorial ini:

Basic Theme

Tapi jika kamu mengetahui sedikit tetang css, kamu bisa membuat tampilannya sesuai dengan keinginan kamu selain itu template ini juga sangat mudah untuk di modifikasi, Jadi kamu juga bisa memindah - mindah bagian bloknya.

Artikel yang merupakan bagian dari tutorial ini diantaranya:

  1. Membuat Template / Theme Wordpress Basic Tutorial (Pembuka: Halaman ini)
  2. Mempersiapkan Markup dan Style Template
  3. Membuat Template Header, Sidebar dan Footer Wordpress
  4. Menambahkan Sidebar dan Header Menu Menggunakan functions.php
  5. Membuat Custom Content dan Halaman Pada WordPress Template
  6. Melengkapi Post List Menggunakan Thumbnail
  7. Menambahkan Fitur Header Logo WordPress Template
  8. Template Halaman Tambahan WordPress
  9. Melengkapi Wordpress Template (Penutup)

Ok, semoga bermanfaat sehingga kamu bisa menikmati setiap artikel dalam tutorial ini. Akhir kata pembuka ini, selamat menyantap dan bersenang - senang dengan kodenya.