itty.bitty : Menghosting Konten Di URL

July 26, 2018

Kita sudah pasti banyak mengenal tentang web statis dari pertamakali halaman web ada di internet, dimana halaman dan kontennya disimpan hanya dalam satu file berektensi *.html yang saat ini kembali marak dengan adanya web static generator atau plugin untuk mencache halaman dinamis disajikan menjadi statis agar websitenya dimuat lebih cepat dan tidak banyak proses yang harus dijalankan oleh server untuk menyajikan konten.

Dengan banyaknya tool dan plugin yang telah disediakan tersebut sangat membantu kita dalam membuat website atau blog dengan fasilitas yang terjangkau dan biaya yang tidak terlalu mahal serta website kita dapat dikunjungi dari mana saja dengan performa yang sempurna menggunakan CDN.

Konten tanpa Database Server dan File Server?

Ok, mungkin dari beberapa artikel di blog ini lebih banyak membahas tentang web statis dibanding web dinamis dan juga penggunaan database, tapi sebenarnya hampir semua website membutuhkan database bahkan website/blog ini. Hanya saja blog ini menggunakan penyimpanan data alternatif dari database yaitu menggunakan file dengan penyimpanan dan penulisan yang terstruktur dan di simpan di server untuk di jadikan halaman statis untuk di sajikan.

Terus, apakah bisa konten sebuah website atau blog tidak disimpan di database ataupun file? Sebenarnya sudah ada website seperti itu namun tidak banyak konten yang bisa dimuat, dan setiap ukuran kontennya terbatas 2KB.

itty.bitty.site adalah sebuah eksperimen microsite yang dibuat oleh Nicholas Jitkoff yang pernah bekerja di Google sebagai desainer. Konten website ini disimpan didalam url dan siapapun bisa membuat konten di website tersebut, yang bisa berupa aplikasi sederhana, artikel teks, gambar, dan banyak lagi asalkan ukuran konten tidak terlalu besar untuk dimuat didalam url. Karena tidak semua aplikasi dan browser tidak dapat memuat url yang sangat panjang.

Jika kita ingin membagikan url dari konten yang kita buat di itty bitty di twitter misalnya, twitter hanya bisa menginzinkan link dengan ukuran 4088byte untuk dibagikan, aplikasi lain seperti pemendek url bitly, hanya bisa mengizinkan 2048byte. Setiap aplikasi memiliki kemampuan yang berbeda begitu juga browser yang digunakan. Jadi ukuran tidak lebih dari 2048byte akan sangat baik diakses dari berbagai aplikasi dan browser.

Apakah Cukup Dengan 2KB?

Itty bitty mengencode setiap karakter yang kita tulis dan mengkompresnya, sehingga kita tidak hanya bisa menulis 2000 karakter artikel, tapi bisa juga menambahkan markup html, stylesheet, javascript dan bisa juga gambar di halaman tersebut untuk membuat artikelnya lebih menarik.

Mungkin untuk menggunakan gambar kita perlu mengencode gambarnya juga. Untuk mengencode gambar ke base64 kita bisa menggunakan aplikasi online yaitu b64.io atau bisa juga menggunakan aplikasi windows yang bisa diunduh disini.😅

kita juga bisa menggunakan codepen untuk membuat konten dan meng-embed konten htmlny di itty bitty. seperti pen yang satu ini.

Waoooo, 😺 lumayan lah. Gambar yang di link itu bukan gambar bitmap yang di encode dari b64.io tapi kita bisa berkreasi dengan mengunakan alat dan tipe file apasaja yang bisa di tampilkan di halaman website. Teman -teman juga bisa membuat halaman sendiri di itty.bitty.site.


Rahmat Subekti

Rahmat Subekti
Bleh, Blehh bleeehh,...