Hingga saat ini kita masih sering menjumpai website yang sangat lama dimuat dengan menggunakan browser khususnya di browser mobile / handphone / tablet. Padahal saat ini pengguna internet yang paling banyak menggunakan perangkat mobile untuk mencari informasi melalui dunia maya ini.

Untuk memecahkan masalah pengalaman pengguna mobile seperti loading lambat dan white screen yang sangat sering sekali dijumpai, beberapa perusahaan teknologi seperti diantaranya Facebook, Apple dan Google mencoba membantu baik bagi pembaca / pengguna untuk menemukan informasi dan para publisher juga para konten kreator akan lebih mudah menyampaikan informasi ke pembaca.

Dimulai pada Mei 2015, Facebook memperkenalkan publishing platform di dalam aplikasinya yaitu Instant Articles. Sebulan kemudian disusul Apple dengan Apple News. Sedangkan Google muncul empat bulan setelah keduanya dengan rencananya untuk merevolusi konsumsi artikel / berita dengan menggunakan solusi web berbasis open-source yaitu Accelerated Mobile Pages (AMP).

Walaupun Facebook dan Apple memulai start lebih awal dari pada Google, tapi ada beberapa alasan lebih banyak halaman dengan AMP akan dimuat lebih cepat, dibanding salah satu atau bahkan kedua kompetitor tersebut.

Beberapa situs berita di indonesia juga telah menggunakan APMhtml diantaranya yaitu tempo, kompas, republika, dan mungkin masih banyak lagi. Kamu bisa mencari tahu sendiri dengan menginstall ekstensi chrome AMP Validator di Chrome webstore.

Jika kamu ingin membagikan lebih bayak konten ke pengujung dengan mempercepat situs / blog yang kamu miliki, kamu bisa memulai mengimplementasikan AMPhtml di situs / blog kamu, kamu bisa cek di halaman AMP Project.

Mungkin untuk mengimplementasikan AMPhtml di situs / blog, kamu perlu memiliki dua link berbeda untuk satu konten Website atau sebuah artikel, tapi markup pada AMPhtml tidak jauh berbeda dengan markup html biasa. Selain itu AMPhtml juga dapat ditampilkan dengan baik di berbagai browser sama halnya markup html. Itu artinya kamu bisa menggunakan AMPhtml saja untuk loading konten lebih cepat di website / blogmu. Lebih lengkap kamu bisa lihat Spesifikasi AMPhtml.

Untuk kamu yang menggunakan Wordpress, kamu bisa mengimplementasikan Amp Page di blogmu dengan hanya beberapa klik saja, dengan menginstall plungin AMP project di Wordpress.

Mungkin saya sendiri telat mengetahui informasi ini, tapi setidaknya sekarang bukan waktu yang telat untuk kamu memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik bagi pengunjung. Bagi pengunjung satu detik adalah waktu yang sangat berharga untuk memuat laman yang berisi informasi yang dibutuhkan. Di pencarian mungkin tidak hanya kamu yang menyedikan informasi tersebut.

Yang lebih menariknya lagi, saat ini sudah tersedia amp-install-serviceworker yang memudahkan kamu menginstall Service Worker di situs / blogmu. Dengan begitu, pengunjung website bisa mengunjungi situs/blogmu bahkan pada saat pengguna tidak memiliki akses internet dan kamu tidak perlu khawatir untuk melacak analytics pengunjung pada saat situs/blogmu di akses secara offline.

Untuk lebih lengkap tentang komponen yang bisa kamu gunakan pada saat mengimplementasikan AMPhtml di situs/blogmu, silakan kunjungi halaman Referensi komponen AMP, untuk contoh penggunaan dan demonya silakan cek di AMP by Example.