Permainan Kelanjutan dari permainan age of empires 2 (age of the king). Microsoft meluncurkan age of empires 3 pada september 2006. Pada versi ke-3 ini ada 3 pilihan permainan yang diantaranya Age Of Empires 3 The Warchiefs dan Asian Dynasties sebagai ekspansi dari Game perdana Age of empires pada versi PC. Tak berbeda dengan AOE2 di AOE3 juga terdapat cheat yang bisa mempermudah pemain menyelesaikan cerita.

Age Of Empires 3

Cheat di AOE3 ini berlaku di semua seri AOE3 diantaranya seri The Warchiefs dan Asian Dynasties. Berikut ini daftar Cheat yang tersedia di AOE3 baik versi Pc Windows dan Macitosh.

Tekan Enter Keyboard lalu ketikkan cheat berikut dan enter

Cheat Keterangan / Hasil
this is too hard Menang Di sigleplayer
Tambah 10,000 wood
Ya gotta make do with what ya got Spawn Mediocre Bombard di home city
Sooo Good Mengaktifkan “Musketeer’ed!” ketika kamu unit kamu dibunuh musketeer
Speed always wins Mengaktifkan 100x kecepatan membangun semua pemain termasuk lawan
A recent study indicated that 100% of herdables are obese Menggemukan semua binatang di peta
Nova & Orion Menambah 10,000 XP
Give me liberty or give me coin Menambah 10,000 coin
Medium Rare Please Menambah 10,000 food
X marks the spot Menampilkan Peta tanpa kabut
tuck tuck tuck Spawn red monster truck
Shiver me Timpers! Menghancurkan semua Boat di map
Where’s that axe? George Crushington
a whole lot of love Menambah 10,000 Semua persediaan (termasuk eksport)

Beberapa rahasia lain yang bisa di gunakan untuk memperkuat koloni kamu diantaranya:

  1. Sumberdaya Tak Terbatas

    Gunakan editor teks untuk mengedit “proto.xml” file dalam “data” direktori di folder game.

    Catatan: Kamu harus terlebih dahulu menghapus centang Read Only pada atribut properti file di Windows Explorer. Cari CrateOf. Kamu akan menemukan CrateofFood, CrateofCoin, CrateofWood, CrateofFoodLarge, CrafteofCoinLarge, dan CrateofWoodLarge.

    Untuk semua entri, temukan tag InitialResourceCount dan mengubah menghitung apa pun yang diinginkan. Sebagai contoh, peti yang normal masing-masing memiliki 100.000 sumber daya. Anda dapat mengubah 100 menjadi 99.999,000, dll.

  2. Menambah Level Kota di single player

    Buka file sp_namakotamu_homecity.xml di folder My Documents\My Games\Age of Empires 3\ savegame (jangan lupa untuk membuat back up file utama), cari tag <level>.

    Kamu akan melihat tag seperti ini <level> xx </ level>, masukkan level sesukamu misal 99 untuk mengganti xx, simpan file, masuk ke permainan dan lanjutkan bermain. Sekarang kamu di level 99!

  3. Mengaktifkan Poin terbatas di Single player

    Buka file sp_namakotamu_homecity.xml terletak di folder \My Documents\My Games\Age of Empires 3\savegame (jangan lupa untuk membuat cadangan file ini) temukan tag ini <skillpoints>.

    Kamu akan melihat tag tersebut seperti ini <skillpoints> xx </ skillpoints>, di mana x adalah jumlah skillpoints Anda saat ini. Ubah xx ke nomor yang lebih tinggi seperti 999, simpan file tersebut dan mulai Age of Empires 3.

    Mainkan pertempuran, kemudian ke kota kamu untuk mengelola kota kamu dan sekarang kamu akan memiliki 999 poin unlock untuk membuka berbagai hal untuk kotamu.

  4. Menambahkan Unit tersembunyi di Editor

    Ada beberapa unit rahasia yang tidak memiliki kode untuk mengaksesnya selama pertandingan. Meskipun demikian, mereka masih dapat diakses dalam editor melalui proses sederhana. Pertama, menempatkan unit pada peta, kemudian pilih “Ganti Unit” di bawah “Objects.”

    Pada menu drop-down, pilih Fluffy, Flying Purple Tapir, Learicorn, George Crushington, Lazerbear, atau Rakasa Truk A dan kemudian klik mengganti unit.

Trik ini juga bisa digunakan di Macitosh. Jika kamu belum punya gamenya atau kurang jelas bisa dilihat lewat web resminya tentang penjelasan dari semua seri AOE3 ini di www.ageofempires3.com.