Untuk mendapatkan referensi bacaan dari web memang sangat tidak terhingga. Hampir semua orang yang ingin mendapatkan referensi bacaan biasanya memilih menggunkan pencarian web untuk mencari topik yang ingin diketahui dibandingkan mencarinya di buku. Membaca di web memang sangat menguntungkan karena informasinya selalu terupdate dan terbaru. Tapi bisakah kita menyimpan bacaan tersebut di komputer kita untuk dibaca nanti saat offline?

Terkadang topik yang dicari tidak dibahas secara mendetil di sebuah artikel halaman web atau mungkin kamu kurang puas dengan informasi yang diberikan. Hal yang mungkin kamu lakukan adalah mencari artikel yang lain yang membahas topik yang sama untuk melengkapi kekurangan dari artikel web sebelumnya.

Nah, untuk mendapatkan informasi yang akurat, tidak mungkin kamu harus membaca semua artikel yang ada di web, apalagi jika kamu menggunakan koneksi internet berbayar dengan pembayaran dengan hitungan waktu misal seperti di warnet. Untuk lebih menghemat kamu bisa print artikel tersebut menjadi pdf dan menyimpannya di flashdisk, agar nanti bisa secara offlne.

Cara simple untuk print artikel web menjadi sebuah file pdf kamu cukup menggunakan browser yang sedang kamu gunakan.

  1. Kunjungi halaman web yang ingin kamu baca.
  2. Untuk menyimpan klik kiri pada halaman web lalu pilih Print (CTRL +P)
  3. Atur Setting Pada Destination ke Save to PDF untuk menyimpan sebagai dokument pdf.
  4. Klik Save

    Save PDF

OK, Dengan begitu kamu bisa menyimpan banyak artikel referensi untuk dibaca nanti. Tapi coba lihat tidak semua website mendukung artikel yang di publikasikan untuk di print. Ada beberapa bagian dari website yang tidak kita perlukan biasanya akan ikut ter-print seperti sidebar, header atau komentar artikel dari website tersebut.

print

Jika kamu ingin menjadikan bacaan tersebut di print di atas kertas, mungkin akan sangat boros kertas jadinya. Cara agar lebih rapi adalah dengan menggunakan aplikasi Office di komputer kamu, dengan copas artikel tersebut. Tapi disini saya tidak menyarankan kamu melakukannya. Mungkin kamu juga akan sangat menghargai orang yang memberi kamu informasi dengan tidak copas artikelnya. Apalagi memindahkan teks dari web browser ke microsoft word sepertinya akan sangat ribet.

Kamu tetap bisa menggunakan browser kamu untuk print artikel tersebut secara langsung dengan cara highlight dulu teks artikel yang ingin kamu print agar hasilnya hanya teks bacaan yang diperlukan sehingga menghemat tinta dan kertas.

Agar lebih mengerti berikut ini caranya. Mungkin kamu akan lebih suka cara ini daripada sebelumnya:

  1. Buka Halaman web yang ingin kamu baca
  2. Tandai teks yang ingi kamu print pada halaman tersebut

    save

  3. Klik Kanan pilih print. (CTRL + P)

    prit

  4. Pilih cek pada Hanya Yang Dipilih, Seperti gambar diatas.
  5. Pilih pada pilihan Destination apakah ingin di print atau disimpan sebagai dokumen
  6. Kemudian Simpan atau print.

Dengan cara tersebut kamu bisa langsung membaca apa yang ingin kamu baca saja. jika kamu ingin men-print seluruh artikel, tinggal tandai seluruh teks artikel kemudian print. Hampir semua web browser bisa di gunakan untuk menyimpan artikel seperti Chrome browser yang saya gunakan pada contoh disini. Mungkin hanya sedikit berbeda.