Cara Mudah Menginstall Dan Mengkonfigurasi VPN Server

Memiliki Virtual Private Network (VPN) banyak sekali keuntungannya, terutama bagi yang memerlukan atau menginginkan akses ke jaringan di lokasi yang berbeda di mana kita tinggal (remote network). Gambaran sederhananya misal: kita ingin mengakses jaringan di tempat kerja atau sekolah, tapi kita berada di rumah.

Menginstall Virtual private network (VPN) server pada salah satu komputer yang terhubung ke jaringan tersebut akan memungkinkan kita mengakses ke dalam jaringan tersebut dari rumah. Tentunya komputer yang terhubung pada jaringan di tempat kerja atau sekolah juga perlu terkoneksi dengan internet, tidak perlu semua, tapi cukup di satu komputer yang menjalankan VPN server.

Intalasi VPN server umumnya di lakukan pada perangkat diluar jaringan yang saat ini kita gunakan, atau perangkat yang kita akan akses, bisa berupa virtual machine (vm), komputer atau perangkat jaringan. Pada praktek ini kita akan menggunakan Virtual machine yang telah kita buat pada praktek yang sebelumnya dibahas pada artikel ini yaitu pada ubuntu sistem versi 18.04.

Manfaat VPN

Bagi pebisnis atau perusahaan menggunakan VPN untuk mengamankan akses ke jaringan mereka melalui internet, sehingga mereka bisa bekerja dari mana saja tanpa harus terkoneksi langsung ke jaringan tersebut. Sedangkan pada penggunaan umumnya (paling banyak digunakan) yaitu untuk mengamankan koneksi ke internet sehingga semua data sensitif yang kita kirimkan atau terima di internet tidak dapat di lacak atau bahkan diketahui isinya oleh pihak yang tidak berwenang terutama saat kita terhubung ke publik WIFI.

Instalasi dan Konfigurasi VPN server

Untuk menginstall VPN server sendiri prosesnya sangat mudah, hanya saja proses konfigurasi akan sangat rumit untuk di ikuti, seperti mengkonfigurasi sertifikat, membuat sertifikat server, membuat key pair, File enskripsi dan sebagianya. Tapi disini kita akan menggunakan cara yang lebih mudah yaitu dengan menggunakan script instalasi yang sudah dibuat untuk melakukan semua konfigurasi VPN yang rumit tersebut untuk kita.

  1. Langkah pertama, yaitu login ke perangkat server yang akan kita gunakan sebagai VPN server.
  2. Download script bash wget https://raw.githubusercontent.com/angristan/openvpn-install/master/openvpn-install.sh
  3. Buat izin agar script bisa dijalankan (Executable) bash chmod +x openvpn-install.sh
  4. Jalankan Script bash sudo ./openvpn-install.sh
  5. Pada langkah ini, akan diminta untuk mengkonfirmasi beberapa parameter default yang sudah cukup optimal untuk digunakan.

    Hal yang perlu di perhatikan dan harus di cek dengan baik adalah publik IP address server yang digunakan. Parameter lain hanya di boleh diubah jika kamu memiliki kebutuhan tertentu, atau setidaknya tahu apa yang akan dilakukan.

    Gambar 2.1 Prekonfigurasi dan Instalasi OpenVPN
    Gambar 2.1 Prekonfigurasi dan Instalasi OpenVPN

  6. Setelah proses prekonfigurasi maka script akan menjalankan proses instalasi openvpn server. Tunggu hingga proses instalasi dan konfigurasi selesai.
  7. Pada langkah terakhir kita akan diminta untuk mengisi nama klien dan password (disarankan menggunakan password).

    Gambar 2.2 Membuat konfigurasi klien
    Gambar 2.2 Membuat konfigurasi klien

  8. Setelah semua proses telah selesai, kita bisa mengecek kembali apakah Openvpn server sudah siap menerima koneksi dari klien, dengan menjalankan perintah berikut: bash ss -tupln | grep openvpn
  9. Jika VPN server sudah siap, maka file konfigurasi yang telah dibuat dapat kita gunakan di perangkat klien.Yang perlu kita lakukan selanjutnya adalah mendownload file konfigurasi klien tersebut dan menggunakannya untuk terkoneksi melalui VPN server yang telah kita buat.

Mengkoneksikan Klien Ke VPN Server

Disini kita akan menggunakan perangkat dengan Manjaro sistem untuk digunakan sebagai klien, kamu bisa menggunakan distribusi sistem linux lain atau untuk windows maka perlu mendownload OpenVPN client dari Website Resmi OpenVpn.

Pada tahap terakhir dari konfigurasi VPN, kita bisa melihat pesan bahwa file konfigurasi klien telah dibuat beserta lokasi file konfigurasinya (pada gambar 2.2). Untuk mengunduh file tersebut kita dapat menggunakan perintah scp seperti berikut:

scp user@ip-server:/folder/berisi/konfigurasi.ovpn /home/user

Contoh seperti ditunjukkan pada gambar 3.1 berikut. Teks yang di blur adalah ip server dimana kita menginstall VPN server sebelumnya.

Gambar 3.1 Download File Konfigurasi klien
Gambar 3.1 Download File Konfigurasi klien

Setelah kita mendapatkan file konfigurasi di komputer klien, selanjutnya menggunakan file konfigurasi tersebut untuk terhubung dengan jaringan pada VPN server. Pada praktek disini kita akan menggunakan Network manager setting yang bisa diakses melalui nm-applet.

  1. Langkah pertama klik applet network manager (📶), Kemudian tambahkan koneksi VPN. Pada jendela baru yang muncul pilih pada list dropdown **Import a saved VPN configuration ** seperti pada gambar 3.2 berikut.

    Gambar 3.2 Pilihan konfigurasi network manager
    Gambar 3.2 Pilihan konfigurasi network manager

    Klik Create untuk memilih file Konfigurasi Klien pada jendela file chooser.

  2. Jika pada saat membuat konfigurasi klien kita memilih menggunakan password (pada gambar 2.2 saat instalasi VPN server). maka password dapat di masukkan pada jendela berikutnya seperti pada gambar berikut.

    Gambar 3.2 Memasukkan password klien
    Gambar 3.2 Memasukkan password klien

  3. Langkah terakhir untuk terkoneksi dengan VPN server, klik lagi pada applet network manager (📶). Pada menu koneksi VPN akan terlihat file konfigurasi telah berhasil di import. Klik untuk mengaktifkan koneksi ke VPN server.

    Gambar 3.3 Mengaktifkan koneksi ke VPN server
    Gambar 3.3 Mengaktifkan koneksi ke VPN server

    Jika kamu berhasil terkoneksi, maka pada pilihan tersebut akan ditandai dengan tanda centang.

Menambahkan dan menghapus klien

Untuk menambahkan dan menghapus klien di remote Server, kita bisa menjalankan kembali script untuk instalasi VPN server.

sudo ./openvpn-install.sh

Alternatif lain untuk menikmati Layanan VPN

Ada banyak sekali Layanan VPN dimana kita tidak perlu memiliki VPS sendiri atau mengkonfigurasi VPN server. Salah satu penyedia layanan yang sangat direkomendasikan untuk yaitu AdGuard VPN. Jika berminat silakan Googling atau Ducking AdGuard VPN.

#Linux #VPN #Server