Untuk menulis dan test / debuging code javascript di local computer kita bisa menggunakan browser. Tapi kita terkadang harus bolak balik ke editor untuk menulis dan ke browser untuk mengetes code. Dengan vs code kita bisa menulis sekaligus mendebug / test javascript langsung, untuk mendebug kita perlu satu software lain yaitu nodejs yang dapat diunduh di website resminya disini. kedua software tersedia untuk semua sistem operasi baik vs code ataupun nodejs.

Setelah vs code dan nodejs terinstall sekarang kita bisa menggunakan visual studio code untuk mengedit dan mendebung. Untuk memulai menulis dan mencoba mendebugnya cukup mudah:

1. Buat folder untuk project pertama kita dimana saja. Berinama apa saja terserah.

app.js

2. Buka folder menggunakan VS code kemudian buat file app.js

app.js

3. Buat file konfigurasi json. Buka tab debug, klik pada icon gear. Pada debug environment pilih nodejs. file konfigurasi akan secara otomatis di tambahkan.

launch.js

4. Sekarang cukup tulis kode javascript pada file app.js kita. untuk menjalankan script bisa langsung menekan tombol f5 di keyboard, maka windows console (OS windows) akan muncul untuk menampilkan hasilnya.

launch.js

Ok, hanya mungkin hanya itu yang bisa saya tulis hari ini. Selain untuk belajar, kamu juga bisa menulis aplikasi node kamu sendiri tentunya juga meggunakan javascript.