Setiap versi windows memiliki fitur tersendiri dan sudah pasti versi windows yang terbaru akan memiliki fitur yang lebih baik. Walaupun kita sudah memiliki versi terbaru dari windows ( disini contohnya windows 8 yang masih cukup baru walaupun akan muncul lagi windows 10), tapi kadang kita belum memahami apa yang di perbaharu dari versi terbaru tersebut dan fitur apa saja yang di tambahkan.

Mungkin yang hanya kita ketahui setelah menggunkan sistem operasi terbaru ini adalah tampilan metro pada start menu, support touchscreen, Carm Bar pada sebelah kanan layar, tampilan flat desain di desktop windows dan masih banyak lagi. Tapi taukah kamu fitur dasar yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan windows dan membantu kita menyelesaikan pekerjaan secara cepat tanpa harus menginstall aplikasi pihak ketiga.

Berikut ini beberapa aplikasi yang diperbaharui dan ditambahkan pada windows 8 yang mungkin tidak perlu kamu dobel lagi dengan aplikasi pihak ketiga.

  1. Windows Update

    Windows update memiliki direktori aplikasi terbaru dari driver perangkat keras sampai dengan pembaharuan dan macam - macam patch windows yang terbaru. Windows update akan menginstal driver yang diperlukan oleh perangkat kita secara otomatis melalui internet. Tapi secara umum setelah menginstal sistem operasi windows 8 tanpa menginstal driver atau update driver pada komputer, semuanya tetap berjalan dengan lancar.

    windows update

    Pengalaman saya sendiri, sampai saat ini saya belum menginstal driver modem bawaan modem, usb, cd/dvd, printer driver dan masih banyak lagi. Mungkin cuma driver touchpadnya belum mendukung gesture dan scrolling page jadi saya install driver touchpad bawaan melalui CD OEM driver.

    Setelah menghubungkan komputer dengan modem kemudian saya mendapatkan berbagai macam update. Diantaranya untuk intel display driver dan puluhan patch aplikasi windows seperti office, windows defender serta patch sistem.

    Selain menginstal update, windows update juga langsung mencari dan menginstal driver perangkat yang baru saja kita gunakan jika drivernya belum terinstal dengan update melalui koneksi internet secara otomatis. Contoh berikut ini driver untuk usb hp android yang sudah terinstall secara otomatis melalui windows update.

    windows update

    Masalah yang sering terjadi saat menggunakan windows update adalah tidak bisa menginstal update yang tersedia secara cepat dan kadang windows update macet download. Masalah ini sering terjadi di windows 7 dan windows 8 juga tentunya. Masalah tersebut biasanya dikarenakan kita mendownload updatenya menggunakan koneksi modem atau koneksi bermeter ( metered connection). Karena jaringan modem didefault sebagai metered conection, maka kita perlu koneksi wifi untuk bisa menjalankan windows update

    Berbeda pada windows 7, jika kamu tidak menemukan jaringan wifi pada windows 8 kamu tetap bisa menjalankan windows update melalui koneksi modem dengan setting koneksi jaringan modem kamu ke non metered connection. Caranya :

    1. Tekan tombol Windows + W pada keyboad,
    2. Ketikkan set up mobile broadband Tekan Enter ntuk membuka,
    3. Non aktifkan pada set as metered connection pada bagian Data Usage.
    4. Ubah lagi settingan jika kamu tidak ingin menghabiskan kouta kamu setelah selesai menjalankan windows update.
  2. Windows Defender

    Kini windows memiliki aplikasi antivirus sendiri seperti halnya dengan microsoft security essential pada windows 7. Di windows 7 kita perlu mengunduh program antivirus pihak ketiga dikarenakan updatenya kadang macet di download, tapi tidak dengan Defender di windows 8, kamu bisa megupdate antivirus ini dengan menonaktifkan metered connection.

    defender

    Berbeda dengan program antivirus lain, windows defender akan lebih hening jika dijalankan, kita pun tidak perlu scan computer kita karena secara otomatis akan dilakukan di background saat jadwal maintenance berlangsung. Dengan antivirus ini kita bisa fokus dengan kegiatan kita di desktop tanpa ada notifikasi yang muncul tiba - tiba, seperti harus scanning file, tread terdeteksi, dll. tentunya juga tanpa iklan.

    Notifikasi virus terdeteksi akan muncul pada kanan atas layar. biasanya notifikasi muncul pada saat kita membuka folder atau file yang dicurigai. Tapi tenang virus tersebut sudah di block atau dikarantina oleh defender jadi tidak menyebar di komputer kita.

    Kita juga masih bisa menjalankan aplikasi yang di curigai defender dengan membebaskannya dari aplikasi antivirus ini. Aplikasi yang sering dicurigai adalah patch game, serial generator yang sering digunakan untuk mengunlock lisensi software, software koleksi yang tidak di arsipkan ke zip/7z,software hack, dan file - file tertentu yang memang terinfeksi.

  3. Windows Disk Cleanup

    Banyak aplikasi sistem tool yang menjamin komputer kita bisa berjalan cepat dan ringan menjalankannya, salah satunya yaitu program Cleaner. tapi mungkin kamu tidak perlu memakai aplikasi pihak ketiga tersebut di windows karena malah akan menambah memori komputer kamu. Tapi jika kamu ingin tetap menggunakan program pihak ketiga pilihlah yang gratisan saja.

    cleanup

    Di beberapa versi windows mungkin kamu bisa menggunakan disk cleanup untuk menghapus file yang tidak di perlukan lagi di sistem dengan membebaskan memori untuk digunakan lagi pada proses selanjutnya. letak windows cleanup sendiri memang agak tersembunyi yaitu dengan klik kanan pada disk yang ingin dibersihkan, pilih properties lalu klik tombol Disk CleanUp di sebelah kanan diagram pie.

    Kamu juga bisa membuka program administrative tool untuk menemukan Disk Cleanup. Caranya Tekan tombol start Windows + W pada keyboar, lalu Ketik Administrative tool kemudian enter.

    Aplikasi yang terdapat di Administrative tools sangat lengkap diantaranya yaitu Disk cleanup sendiri, Program Defragment, Firewall, Sistem Information dan masih banyak lagi. Jika kamu pernah menggunakan aplikasi pihak ketiga salah satunya Tune - up mungkin kamu sangat familiar dengan alat - alat yang ada di dalam Administrative tool tersebut.

  4. Task Manager

    Windows task manager pada windows 8 kini dilengkapi dengan fitur baru diantaanya yaitu Start up manager. Dengan fitur ini kita bisa meringankan proses komputer pada saat memuat sistem atau pada saat pertama kali dihidupkan dengan mengurangi aplikasi yang tidak perlu dibuka atau dijalankan. Untuk windows versi terdahulu seperti windows 7 mungkin fitur ini bisa ditemukan di msconfig.exe dengan menekan tombol start windows + R kemudian mengetikkan msconfig.exe.

    startup

    Selain itu tampilan proses aplikasi juga berbeda dari windows 7. di windows 8 tampilannya lebih detil dengan menampilkannya secara detil. dengan fitur ini juga kita bisa memilah aplikasi yang memiliki proses yang banyak dan berat agar kita bisa menghapus aplikasi tersebut jika komputer kita terasa berat.

  5. Windows Explorer

    Satu dari aplikasi windows yang sedari dulu kita kenal, windows explorer di windows 8 memiliki fitur baru salah satunya yaitu mounting file iso. Jika biasanya pada windows 7 kita perlu aplikasi pihak ketiga untuk membaca dan mengekstrak file iso, di windows 8 kita mungkin cukup menggunakan windows explorer dengan menekan tombol windows + E.

    disk

    Selain membuka file iso image juga bisa membakarnya atau memburning ke dalam cd. untuk file yang ingin di burning bisa file apapun yang kita mau, baik itu file iso atau file biasa. tinggal blok foldr atau beberapa file yang akan di masukkan ke cd disk lalu kemudian pilih burn pada toolbar eksplorer.

    Jika kamu masih menggunakan Aplikasi zip ekstraktor dan kreator dari pihak ketiga, mungkin di sini kamu bisa meninggalkan aplikasi tersebut karena windows explorer juga memiliki fitur tersebut. jika kamu ingin menginstal aplikasi pihak ketiga akan lebih baik jika kamu install aplikasi 7-zip yang formatnya belum didukung oleh windows explorer.

    zip

    Fitur lain yaitu file copier untuk memindahkan file antar penyimpanan atau folder. mungkin kalian yang menggunakan windows 7 pasti tahu dan pernah menggunakan terracopy tapi di windows 8 fitut tersebut sudah diintegrasikan secara langsung di windows explorer.

  6. PDF Reader

    Dan yang terakhir pada Windows 8, microsoft menambahkan aplikasi metro untuk membaca file pdf, Tapi walaupun begitu aplikasi ini belum berfungsi makasimal pada windows 8. Tapi setelah sistem operasi diperbaharui, pada windows 8.1 aplikasi ini berjalan sangat baik bahkan kita bisa langsung membuka aplikasi ini melalui file yang kita buka dari windows explorer.

    pdf reader

    Yap, itulah fitur aplikasi yang dulu saya gunakan menggunakan aplikasi pihak ketiga di windows 7, dan saat ini di windows 8 fitur ini bisa saya gunakan tanpa harus menggunakan aplikasi pihak ketiga karena windows 8 sudah hampir keseluruhan mendukung fitur tersebut.

    Tapi dismping itu juga masih banyak kekurangan seperti internet explorer misalnya, mungkin sebagian dari kita tidak ada yang menggunakan browser bawaan ini. Selain itu fitur - fitur yang telah dijelaskan tersebut memang agak rumit karena letak/tempat untuk menjalankannya berbeda2 tidak sepeperti aplikasi pihak ketiga misalnya yang instant click maintenance yang shortcutnya berada di desktop.

Mungkin disini saya memang tidak mengatakan aplikasi apa saja yang tidak perlu di instal, tapi dengan melihat fitur tersebut, kamu bisa memilih aplikasi utilities dan system tool yang sudah digantikan di windows 8. Mungkin lebih baik untuk mencoba fitur yang sudah tertanam tersebut dan seiring waktu jika ada yang kurang dengan cara kerjanya baru kita bisa beralih menggunakan aplikasi pihak ketiga.