Seperti yang kita tahu internet adalah dunianya pengetahuan, semua yang ingin kita tahu dan ingin dipelajari semuanya bisa ditemukan di internet. Banyak sekali perusahaan dan Universitas yang menyediakan fasilitas Open Online Course atau kursus online gratis yang menguntungkan bagi kita untuk memperdalam pengetahuan kita di bidang yang kita inginkan.

Untuk kamu yang ingin belajar coding, berikut ini beberapa tempat/situs yang memberikan kursus tentang koding. Tapi bagi kamu yang ingin mempelajari tentang ilmu pengetahuan lain mungkin bisa kalian temukan juga di tempat - tempat kursus ini karena umumnya materi pada kursus online tidak hanya membahas satu macam materi saja.

1. Microsoft Virtual Academy (MVA)

MVA menyediakan ratusan kursus gratis bagi mereka yang ingin memperdalam skill mereka di bidang IT. Rata - rata kursus yang di sediakan disini berhubungan dengan produk microsoft, dan salah satunya adalah coding. Jika kamu tertarik dengan coding disini kamu bisa belajar dari tahap pemula hingga mahir.

Pengajar di MVA rata - rata adalah orang yang berpengalaman di bidang IT tapi jangan khawatir semua orang bisa mendaftar dengan gratis. Kamu juga bisa login dengan menggunakan Akun Microsoft Live ID untuk memantau perkembangan belajar kamu serta mendapatkan sertifikat online jika kamu menyelesaikan kursus.

2. Android Developers

Situs Android Developers bukan hanya memberikan referensi kepada developer untuk membuat dan mengembangkan aplikasi android mereka tapi juga memberikan kursus bagi kamu yang ingin memulai membuat aplikasi android yang selanjutnya bisa kamu kembangkan sesuai keinginan kamu.

Kamu juga bisa mengakses situs ini secara offline di folder sdk di komputer setelah kamu mengunduh android sdk atau android studio dan menginstallnya di komputer.

Kamu juga bisa belajar logika pengembangan yang digunakan oleh pengembang android professional dari google melalui kursus online yang telah di sediakan google dengan mengikuti kursus gratis di udacity. Disana kamu akan mempelajari bagaimana cara memanfaatkan fasilitas opensource dari berbagai referensi untuk kebutuhan pengembangan aplikasi bukan hanya untuk android tapi juga berbagai produk google lain.

3. Udacity

Udacity memungkinkan kita untuk belajar langsung dari berbagai perusahaan teknologi besar. Google, AT’T, Facebook, Salesforce, Cloudera, mongoDB, Capital One dan masih banyak lagi untuk menjadi professional di bidang pengembangan Web, Pengembangan Seluler, Analisis data, dan masih banyak lagi. Setelah menyelesaikan kursus kamu bisa mendapatkan sertifikat. Tidak semua kursus yang ada di udacity memberikan sertifikat secara gratis, beberapa mungkin berbayar.

4. Coursera

Jika tadi membahas kursus online yang langsung diberikan oleh perusahaan, Coursera bekerja sama dengan ratusan universitas dan organisasi terbaik dari berbagai negara untuk memberikan berbagai kursus online gratis bagi yang ingin belajar dari sana.

5. Future Learn

Future Learn juga bekerjasama dengan universitas dari berbagai negara yang memberikan kursus gratis untuk kamu yang ingin belajar langsung dari pengajar di universitas dari berbagai negara. Disini akan lebih banyak ilmu pengetahuan selain koding. Tapi setidaknya ada Kodingnya untuk memulai belajar.

6. Udemy

Udemy memiliki ratusan lebih kursus yang bisa kamu pelajari dimanapun kapanpun melalui aplikasi yang disediakan oleh udemy,  Saya sendiri belum pernah menggunakannya tapi tidak ada salahnya mencoba penyedia fasilitas kursus online ini.

7. CodeCademy

Seperti nama websitenya, situs ini khusus untuk kamu yang ingin belajar koding, disini lebih difokuskan kepada belajar membuat website dengan teknologi populer dalam pengebangan web seperti PHP, Ruby, Python,JQuery, JavaScript dan masih banyak lagi. Belajar di situs ini lebih interaktif karena kita akan langsung menulis kode dan melihat hasilnya sehingga lebih cepat dimengerti.

Itulah 7 situs Web kursus online gratis yang menyedikan kursus koding. Jika kamu kurang puas dengan 7 situs web kursusan gratis diatas, kamu juga bisa mencari di situs web lain seperti Google Developers, MDN, Open Edu, Open 2 Study, edX, MIT OpenCourseWare, dan masih banyak lagi.