Jika kita biasa menulis, mungkin kita akan memilih untuk menulis dengan menggunakan aplikasi word processor. Tapi kita bisa melakukan lebih dari sekedar menulis artikel dengan menggunakan text editor. Text editor yang dimaksud disini adalah aplkasi teks editor seperti halnya notepad, gedit, sublime text, notepad++ dan lain sebagainya.

Hampir semua aplikasi atau program ditulis menggunakan text editor bahkan ketika pengembang dan programmernya menggunakan IDE. Karena sebenarnya IDE itu adalah satu paket tools ( sekumpulan alat ) untuk pengembang aplikasi yang didalamnya juga terdapat text editor.

Semua teks editor memang sama, digunakan untuk menulis plain text biasa, tanpa formating. Tapi mungkin, dari 2 teks editor ini, salah satunya bisa jadi teks editor favorit kamu nantinya.

1. Visual Studio Code

Code sendiri merupakan open source text editor yang dibuat dan dikembangkan oleh microsoft. Ini adalah teks editor berbasis electron framework pertama yang pernah saya jajal baik di linux maupun di windows. Selain di linux dan di windows visual studio code ini juga bisa digunakan di OS x.

vsCode

Code asli dibuat berbasis pada visual studio online. Jadi walaupun Code juga menggunakan electron framework, tapi bukan berarti software ini adalah hasil fork dari Atom ( Text Editor Lain ). Adapun fitur yang didukung oleh Code diantaranya:

  1. Syntax Highlighter,
  2. Code Completion,
  3. Code Debuging,
  4. Code Refactoring,
  5. Debuging,
  6. Custom theme,
  7. Snippet,
  8. Embeded Git Control,
  9. Keyboard Shortcut, dan
  10. Pengaturan.

Fitur lain mungkin bisa kalian coba sendiri dengan mengunduh visual studio Code ini di code.visualstudio.com. Editor ini dirilis menggunakan MIT License, Jika kamu penasaran dengan source codenya, kamu juga bisa melihatnya di github tepatnya di Microsoft/vscode.

2. Atom

Sama halnya dengan visual studio code, Atom juga dibuat menggunakan electron framework. Jika dibandingkan dengan Code, Atom bisa dibilang lebih user friendly. Jika kamu adalah salah satu penggemar sublime text, mungkin kamu akan lebih familiar dengan tampilanya. Tapi untuk fiturnya, atom memang lebih unggul dari code ataupun sublime.

atom.io

Atom juga merupakan Open source text editor, kamu bisa mengunduhnya di website resminya atom.io dan source codenya juga tersedia di github atom/atom. Fiturnya juga hampir sama dengan Code, Atom juga support git control.

Yang paling unggul di atom dalah Built in package manager, kustomisasi dan pengaturanya bisa diatur tanpa harus mengedit file pengaturannya secara langsung seperti di Code, akan tetapi bisa di atur menggunakan mode GUI.

Jadi teks editor mana yang jadi favorit kamu?. Jika kedua teks editor ini bukan salah satunya, ya ga masalah. Yang penting tetap nyaman dan asik untuk terus menulis.